Pages

Tuesday, November 29, 2011

Permainan Sederhana Etoys

Pada saat ini ada begitu banyak perangkat lunak komputer yang dapat menghasilkan suatu aplikasi permainan komputer, dan salah satu yang akan saya bahas kali ini adalah penggunaan perangkat lunak yang bernama Etoys, dimana Etoys ini perangkat lunak yang difokuskan untuk siswa siswi yang masih duduk di bangku sekolah, bahkan Etoys ini diperuntukan bagi siswa siswi sekolah dasar, karena itu perangkat lunak Etoys berbeda dengan perngakat-perangkat lunak lainnya baik itu dari segi tampilan maupun dari segi bahasa pemrogramannya. Untuk perangkat lunak Etoys itu sendiri dapat diunduh pada situs resminya yaitu http://www.squeakland.org/.
Ada sebuah contoh permainan sederhana yang telah saya buat dengan menggunakan perangkat lunak Etoys, yaitu permainan balap mobil, dengan dua mobil yang berbeda dimana satu mobil berwarna biru dan satu lagi berwarna hijau, kenapa saya dapat katakan permainan sederhana karena kedua mobil bergerak pada lintasan dengan bentuk yang sama yaitu lintasan ellips, dan kedua mobil tidak dapat dikendalikan tetapi hanya dapat bergerak secara acak dan otomatis dengan kecepatan yang diatur secara random antara 0-30, jadi baik mobil biru maupun hijau bisa memenangkan permainan ini. Di bawah ini adalah tampilan awal permainan sebelum dimulai, dimana mobil biru dan hijau berada pada posisi yang sejajar, untuk memulai permainan hanya perlu menekan tombol "garis finish start" yang berada di tengah atas layar.
Pada gambar di bawah ini dapat dilihat ada perbedaan antara mobil biru dan mobil hijau yang disebabkan karena kedua mobil tersebut sama diberikan kecepatan secara random, oleh karena itu sulit untuk memastikan mobil mana yang akan menang.
Setelah salah satu mobil menyentuh garis finish yang berwarna hitam, maka permainanpun berakhir dan kedua mobil berhenti pada posisi terakhir dimana salah satu menyentuh garis finish, seperti gambar di bawah ini mobil biru menyentuh lebih dahulu garis finish dibanding mobil hijau.
Jika ingin mengulang permainan, tekan tombol yang berada di tengah atas layar yaitu tombol "garis finish reset" kemudian tombol "garis finish start".
Di bawah ini adalah flowchart dari permainan balap mobil di atas.
Demikan pembahasan mengenai permainan sederhana dengan menggunakan perangkat lunak Etoys, semoga bermanfaat...GBU ^^V.

referensi :

No comments:

Post a Comment