Pages

Saturday, November 19, 2011

Simple Fish in Blender

Mungkin sudah banyak yang mengetahui perangkat lunak berbasis open source untuk grafik dan animasi yaitu blender, walaupun open source namun blender ini merupakan perangkat lunak yang powerfull dan bersifat multiplatform, ringan, dan yang terpenting yaitu mudah digunakan, sedangkan untuk perangkat lunak blender sendiri dapat diunduh pada situs resminya yaitu di http://www.blender.org/.
Pada kesempatan kali ini saya akan membuat suatu obyek sederhana di dalam blender yaitu obyek ikan, pertama-tama buat sebuah mesh berbentuk UV Sphere kemudian perbesar sebesar 2 kali searah sumbu x, perbesar 1,5 kali searah sumbu z, dan perkecil 0,5 searah sumbu y, untuk memperbesar/memperkecil dapat menggunakan perintah scale pada bagian tool disebelah kiri layar, setelah selesai memperbesar dan memperkecil tekan crtl+alt+q untuk melihat obyek dari segala 4 sudut pandang, seperti di bawah ini.
untuk kembali tekan kembali ctrl+alt+q, kemudian lihat dari sudut pandang samping dengan menekan 3 pada numpad, lalu ubah Object Mode menjadi Edit Mode dan pilih separuh titik-titik yang berada pada obyek, denganh menekan shift+klik kanan, sehingga seperti gambar di bawah ini.
Setelah itu delete titik-titik yang dipilih tersebut dan pada bagian properties disebelah kanan layar pilih Modifiers-->Add Modifier-->Mirror seperti pada gambar di bawah ini.
Lalu ceklist pada bagian Axis : y dan Options : Clipping, sehingga seperti gambar di bawah ini.
pilih bagian ujung mesh, seperti gambar di bawah ini.
Kemudian lakukan Extrude dengan menggunakan tombol e pada keyboard dan dikombinasikan dengan Scale(pembesaran/pengecilan), sehingga seperti gambar di bawah ini.
Kemudian seluruh ekor ikan tersebut di geser searah sumbu y sampai menempel menjadi satu garis, sehingga obyek dilihat dari keempat sudut pandang seperti gambar di bawah ini.
Lalu hapus titik paling kanan pada ekor ikan, yang ada pada gambar di bawah ini.
Setelah itu dari sudut pandang depan edit titik yang ada pada ekor ikan sehingga seperti gambar di bawah ini.
Selanjutnya untuk membuat mata ikan buat obyek baru UV Sphere pada Edit Mode, pada bagian Options : Clipping yang diceklist hilangkan dahulu ceklistnya agar obyek UV Sphere tersebut dapat bergerak bebas.
pindahkan lalu perkecil ukurannya hingga pas untuk ukuran mata ikan, seperti gambar di bawah ini.
Gunakan kombinasi translasi(perpindahan) dan rotasi(perputaran) agar obyek mata ikan tersebut berada pada posisi yang pas, seperti contoh gambar di bawah ini.
Setelah selesai membuat mata, lalu akan dibuat sirip ikan dengan menggunakan tiga titik yang berada pada badan ikan, seperti gambar di bawah ini.
Dari ketiga titik tersebut extrude sebanyak tiga kali dari sudut pandang atas, sehingga seperti gambar di bawah ini.
Kemudian dari sudut pandang depan edit letak titik-titik yang di Extrude tersebut, sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini.
dan pembuatan obyek ikan pun telah selesai, untuk memperhalus tampilan kembali dahulu ke Object Mode, kemudian pada bagian tool sebelah kiri layar tombol Smooth, klik tombol tersebut dan pilih apply pada Modifier Mirror, maka akan dihasilkan obyek ikan seperti gambar di bawah ini.
Untuk tahap terakhir atur tata letak kamera dan lampu, sehingga hasil tampak bagus pada saat melakukan rendering, contohnya seperti gambar di bawah ini.
Pada perangkat lunak blender, obyek sederhana seperti obyek ikan yang saya buatpun untuk kedepannya dapat ditambahkan/diberikan fitur-fitur animasi seperti gerakan ikan waktu berenang. Ok sekian terima kasih untuk setiap orang yang menyempatkan waktu membaca artikel ini....GBU all.

1 comment: